CERITA ANJING (DOG STORIES)

Kita sering kesulitan mendapatkan ide untuk menulis, padahal banyak buku bagus cuma berasal dari ide yang sederhana. contohnya Dog Stories dari James Herriot’s ini. Idenya adalah menulis pengalaman pribadinya sebagai seorang dokter hewan yang bukan spesialis anjing sebenarnya, tetapi juga segala jenis hewan seperti sapi, kuda, domba dan babi, namun karena cita-cita masa kecilnya adalah ‘dokter anjing’ dan pergaulannya yang intensif dengan anjing sebagai teman maupun pasien selama karir kedokteran hewannya, sehingga anjinglah yang jadi topik bahasannya.

Sebenarnya aku bukan penyuka hewan jenis apapun, walaupun beberapa kali di masa kecilku aku punya juga anjing peliharaan. Samar-samar aku ingat nama-namanya Blacky, nama umum anjing berwarna hitam; Boomer, nama anjing pemeran film anak-anak pada masa itu; hanya anjing-anjing kampung biasa, dan setelah dewasa aku memutuskan tidak menyukai jilatannya atau bau anjing dan kotorannya, mengingat waktu itu kami tidak mengenal dokter anjing atau pelatih anjing profesional, sehingga tidak tahu bahwa ada toilet training untuk anjing yang biaya sekolahnya lebih mahal dari spp bulanan sekolah anakku. Buku ini menarik untuk orang awam ilmu anjing, apalagi buat penyuka. Ada bermacam-macam jenis anjing selain anjing kampung yang aku kenal diceritakan di buku ini seperti: Bull Mastiff , Alsatian, Old English Sheepdog, Great DaneIrish Wolfhound, Border Terrier, Fox Terrier, Yorkshire Terrier, Jack Russell, spaniel, Boxer, retriever. dachshund, irish setter, pudel, labrador,

Sangat menarik mengetahui ternyata ada macam-macam sifat anjing:

  • Ada anjing tidak bakal lupa, ini diceritakan dalam kisah magnus, seekor miniature dachshund yang galak, sehingga menimbulkan kesulitan pemilik maupun dokternya untuk memotong kukunya. Untuk memudahkan proses potong kuku ini, magnus harus diberangus moncongnya dan dikepit di lengan supaya tidak bergerak. Akibatnya anjing ini sangat dendam pada dokter Herriot ini sehingga hanya dengan mendengarkan suara dokter ini saja, Magnus menyalak heboh.
  • Ada anjing yang tidak mendendam walaupun sudah ditangani secara menyakitkan oleh dokternya. Ini ada dalam kisah Rock seekor anjing Irlandia yang dua kakinya terjepit perangkap pemburu selama 48 jam dan hampir busuk jaringan kakinya. Akibatnya setiap hari lukanya harus dibersihkan dengan cara mengorek jaringan matinya, diberi obat, dan dibalut selama beberapa kali. Yang mengagumkan adalah anjing ini selalu bersikap tenang saat dirawat seolah-olah sangat berterima kasih.
  • Kebanyakan anjing berbadan besar biasanya punya tabiat tenang. Tapi jangan coba-coba mendekati anjing betina yang baru melahirkan sekalipun dia punya sifat dasar tenang, karena anjing ini akan menyangka kita mau mengambil anak-anaknya. Ini pernah dialami sang penulis yang diserang anjing betina dalam kondisi demikian. Tapi ada juga anjing betina seperti di atas yang tidak keberatan didekati, bahkan katanya memperlihatkan kebanggaannya dengan cara mengibas-ngibaskan ekornya (apa iya?)

Juga  banyak diceritakan  disini kisah unik antara anjing dan pemiliknya:

  • Gyp seekor anjing gembala yang hanya pernah menyalak sekali seumur hidupnya saat bertemu dengan sahabatnya sesama anjing yang sudah berpindah majikan.
  • Cedric seekor boxer yang suka buang gas sembarangan. Pemiliknya semula adalah seorang kalangan atas yang tentunya sangat keberatan jika anjingnya memperlihatkan kebiasaan yang memalukan itu di tengah-tengah kalangannya. Tetapi akhirnya Cedric menemukan majikan yang tidak mempunyai indra penciuman lagi sehingga tidak mempermasalahkan kekurangannya ini.
  • Bahkan ada juga kisah cinta dokter ini dengan mantan pacar yang akhirnya menjadi istrinya, tentu saja juga dipertemukan karena anjing🙂

Buku Dog Stories ini lumayan tebal, tapi ditanggung tidak bosan membacanya. Banyak kisah inspiratif yang bisa diambil dari pengalaman hidup kita sehari-hari. Tinggal bagaimana cara kita menuangkannya dalam bentuk tulisan yang menarik pembaca.

2 Responses so far »

  1. 1

    Josephine said,

    Ahh cerita anjingnya paling menarik di blog ini, begitu liat beberapa judul langsung tt anjing yg saya baca. Cuma ada sedikit koreksi, itu si blackie kita pernah sekali punya tapi watu kita kecil sekali jadi engga kenal deh sama si blackie..kalau si boomer seperti yg ditulis siempunya blog ini🙂..engga pernah kita punya, yg ada si bomber..kalau ingat si bomber jadi inget anjing kesayanganku yg akan ku tulis di blogku later ha ha copy paste dikit

    • 2

      Irene YK said,

      hahaha, kenapa kamu heran kalo saya inget blackie, memori kita itu seperti misteri, kadang kita ingat yang sdh lama banget, tapi yg baru kita sama sekali ga ingat. Saya malah ga yakin itu Bomber, karena yg saya ongat, anjing itu dikasih nama seperti tokoh anjing di film (atau buku) yg top saat itu. Kalau bomber. kita kan ga punya anjing besar.


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: